Kamis, 02 Agustus 2012

SUKSES HAK SETIAP ORANG


Menjadi sukses adalah keinginan semua orang, walau keinginan itu bergradasi pada diri tiap orang. Ada orang yang secara lantang menunjukkan bahwa dirinya benar-benar ingin sukses. Ada orang yang berharap bisa sukses. Ada lagi yang berfikir, kalau sukses ya syukur. Seberapa pun kuatnya keinginan sukses yang ada di diri tiap orang, sayangnya tidak semua orang mau atau sanggup membayar harga dari kesuksesan itu.
            Sukses memerlukan syarat. Kerja keras, komitmen, kesungguhan, kegigihan, ketekunan, tekad. Dan masih ada lagi turunan-turunan nilai yang sangat dibutuhkan agar orang berhasil menyandang kesuksesan dalam hidup mereka. Banyak orang tak kuat mengusungnilai-nilai itu dalam upaya mereka sehingga hasil yang muncul jauh dari yang diharapkan.
            Untuk menjadi sukses, kita harus berani melewati suatu kondisi yang sulit. Sejumlah orang memang beruntung karena bisa meraih keeberhasilan tanpa melewati perjuangan. Tapi apakah perasaan sukses benar-benar ada di hati mereka? Pertarungan menuju sukses adalah rahasia kesuksesan itu sendiri. Untuk membuka kunci menuju pertarungan itu dibutuhkan keberanian. Jika tidak bertarung, kita tidak tau kita menang atau kalah. Dan jika tidak berani, kita bahkan tidak akan menginjak arena pertarungan.
Jangan pernah takut gagal !
            Banyak orang trauma pada kegagalan. Banyak orang yang down setelah gagal, dan tak punya keberanian lagi untuk meneruskan perjuangan. Lebih parah lagi, banyak orang sama sekali tak berani bertindak apa-apa karena khawatir gagal.
Kami harus mengatakan bahwa tiada sukses yang tidak diwarnai kegagalan. Jika kita gagal dalam mengupayakan bisnis, sekolah, cinta, itu bukan berarti jalan kita telah habis, telah buntu. Seperti yang telah kami katakana, kegagalan adalah cirri perjalanan sukses. Dengan mengalami kegagalan, kita mendapatkan pellajaran untuk mengetahui cara-cara yang lebih baik. Selalu lakukan perubahan dalam strategi atau pilihan agar kegagalan yang sama tidak terulang lagi. Yang penting bergerak terus, berjuang terus, mencoba terus.
            Banyak gagal, banyak belajar. Tapi coba dan coba terus. Jangan patah semangat. Yang penting kita tidak elakukan kesalahan yang sama. Dari setiap kegagalan kita harusbisa mengambil pelajaran yang kemudian menjadi petunjuk bagi langkah-langkah selanjutnya. Kegagalan sebetulnya sebuah misteri Ilahi yang dibuat untuk membentuk kita agar semakin kuat. Kegagalan juga membuat kita tangguh saat sukses benar-benar sudah di tangan.
Disiplin, sebuah keharusan !
            Kita adalah sosok yang sangat mudah member kelonggaran pada diri sendiri. Dalam keadaan letih, putus asa dan mulai kehilangan percaya diri. Disiplin mudah sekali menjadi kendur. Dalam keadaan beruntung, disiplin lebih mudah lagi kendur. Disiplin adalah harga mati dari sebuah kesuksesan. Disiplin akan menjaga kinerja kita untuk berjalan diatas pola yang berpengaruh langsung pada kesuksesan.
            Disiplin adalah sikap, bukan modal seperti uang, relasi, ataupun rumus. Tapi sikap disiplin bisa mengalahkan mdal uang, relasi bahkan rumus. Oaring-orang yang berdisiplin biasanya memiliki jaminan pasti pada hasil. Mereka tidak meleset membidik target karena telah terbiasa melakukan segala sesuatunya pada rel-nya, pada waktunya, dan dengan kesungguhan untuk memenuhi itu hingga tuntas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar